Tingkatkan Kapasitas SDM KP, KKP Gelar TPA dan TOEFL bagi PNS

133
Kepala BRSDMKP Zulficar Mochtar saat memberikan sambutan pada tes TPA dan TOEFL bagi PNS lingkup KKP di GMB III, Kantor KKP, Selasa (5/12). Dok. Humas KKP

KKPNews, Jakarta – Guna meningkatkan kapasitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) di Ballroom Gedung Mina Bahari III, Kantor KKP, Selasa (5/12).

Tes tahap pertama ini diikuti oleh sebanyak 180 PNS yang terdiri 29 PNS Sekretariat Jenderal KKP, 24 PNS Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), 25 PNS Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), 20 PNS Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), 25 PNS Direktorat Jenderal Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), 27 PNS Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), dan 30 PNS Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Kepala BRSDMKP Zulficar Mochtar dalam sambutannya mengatakan, test ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas PNS lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Program Pendidikan Tugas Belajar. BRSDMKP menyiapkan Test ini sebagai seleksi awal sebelum calon peserta tugas belajar mengikuti seleksi yang diadakan oleh KKP  atau Kementerian/Lembaga Pemerintah maupun Non Pemerintah dalam dan luar negeri.

“Tujuan diadakannya tes ini adalah untuk menyiapkan calon peserta tugas belajar yang akan mengikuti seleksi tahun 2018 agar nantinya calon peserta tugas belajar KKP sudah memiliki kapasitas yang mumpuni dalam mengikuti persaingan beasiswa tugas belajar,” papar Zulficar.

Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan akan melaksanakan Tes ITP TOEFL dan TPA bekerjasama dengan UUO-PT BAPPENAS dalam 2 Tahap yaitu Tahap I (akhir tahun 2017 – yang telah dilaksanakan) dan Tahap II (awal tahun 2018).

Menurut Zulficar, PNS lingkup KKP sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terbukti hingga saat pelaksanaan tes, sudah ada 343 usulan calon peserta tes dari Unit Kerja Eselon I.

“Terima kasih atas dukungan Kepala Pusat Pendidikan KP dan seluruh Unit Kerja Eselon I dalam pelaksanaan test ini. Hal ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan Kapasitas PNS KKP yang kompeten guna mendukung pembangunan nasional di sektor kelautan  dan perikanan,” tandasnya. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (66.7%)
  • Terinspirasi (33.3%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments