Stok Membaik, Ekspor Gurita Sulses Meningkat Tajam

91
Dok. Kumparan

KKPNews, Makassar – Gurita merupakan salah satu komoditi perikanan di Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan volume ekspor di tahun 2018. Ekspor gurita di Sulsel menunjukkan tren positif. Pada Februari 2018 lalu, ekspor gurita di Sulsel mencapai 353,3 ton ke tiga negara ekspor yakni Amerika Serikat, Italia, dan Belanda.

Kepala Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar Sitti Chadidjah mengungkapkan adanya perubahan negara tujuan ekspor Sulsel. Jika pada Januari 2018 didominasi oleh AS, Italia, dan Tiongkok. Sedangkan untuk bulan selanjutnya, posisi Tiongkok digantikan oleh Belanda.

“Kenaikan volume ekspor gurita di Februari 2018 mengalahkan komoditi lain seperti udang vaname, kerapu, tengiri dan tuna, Optimis akan tetap meningkat di tahun 2018 ini,” ungkap Chadidjah pada Minggu (18/3).

BKIPM Makassar mencatat pada Januari 2018 ekspor gurita hanya sebesar 250,1 ton. Dimana angka tersebut meningkat 41,26 persen pada Februari 2018.

Chadidjah menambahkan, meningkatnya ekspor gurita juga disebabkan faktor alam di Sulawesi Selatan yang mendukung. “Terlebih, Kota Makassar ini adalah hub Kawasan Timur Indonesia yang pengiriman ekspor melalui bandara di sini,” lanjutnya.

Meningkatnya angka ekspor gurita juga dibarengi dengan membaiknya harga jual gurita di pasaran. Hal tersebut diungkapkan salah satu eksportir gurita di Makassar, Anwar Karim.

“Harga gurita yang semakin membaik membuat nelayan bersemangat untuk melaut. Contohnya pada 2016, harga gurita berada pada kisaran 40 sampai Rp. 58.000 per kg, tetapi di tahun 2017 harganya masih stabil di angka Rp70.000/kg,” ungkap Anwar.

Capain tersebut, lanjut Anwar, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan. Selain itu, ekosistem laut akan terus terjaga karena alat tangkap gurita merupakan alat tangkap yang ramah lingkungan. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (50.0%)
  • Terinspirasi (50.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments