SMART-Fish Indonesia Program, Gali Informasi Tentang Patin Melalui Aplikasi

111
Pemukulan Gong oleh Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo (Kanan) didampingi oleh Representative UNIDO for Indonesia and Timor Leste, Mr. Esam Al-Qararah (Kiri) sebagai simbolis Launching Mobile App Smart Fish (UNIDO). Aplikasi SMART-Fish Indonesia, adalah sebuah inovasi tentang cara-cara budidaya ikan patin dan rumput laut yang baik, berkelanjutan, dan lebih produktif pada Rabu 11/4. (dok.humas KKP / Rionaldy Lakshamana)

KKPNews, Jakarta – Pada gelaran acara Marine and Fisheries Business & Investment Forum yang bertajuk Industri “Patin : Peluang dan Tantangan” yang digelar pada di Jakarta pada Rabu (11/4), dilakukan peluncuran program SMART-Fish Indonesia Program, yang didukung oleh SECO-UNIDO membangun mobile app untuk perluasan informasi tentang budidaya patin yang baik, yang dapat memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan, serta merumuskan branding patin.

Aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama antara United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang didanai oleh Pemerintah Swiss (SECO). Aplikasi ini dibuat untuk membantu pembudidaya patin dan rumput laut dalam meningkatkan produksi dan mutu, sehingga hasil panen yang diperoleh lebih menguntungkan.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Super Indo dengan Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung berbagai kegiatan yang dijalankan oleh kedua belah pihak dalam rangka peningkatan konsumsi ikan.

Tak hanya itu, Pemerintah juga memfasilitasi pembiayaan berupa dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam usaha komoditas patin. Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan berupa kredit Bank Jatim kepada Pembudidaya Patin, kredit Dagulir Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Bank Jatim kepada 22 debitur dari 14 kelompok pembudidaya ikan patin di Kabuoaten Tulungagung, Jawa Timur, sebesar Rp 7 miliar. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments