SKIPM Medan II Berlakukan Sertifikasi CPIB di Pasar Modern

25
Ilustrasi

KKPNews, Medan – Menjamin mutu ikan demi melindungi konsumen telah menjadi komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). Oleh karena itu, Kamis (12/4), Stasiun KIPM Medan II akan memberlakukan sertifikasi Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) di pasar modern Sumatera Utara.

“CPIB diperlukan untuk menjamin bahwa ikan yang di jual di pasar modern tersebut layak untuk dikonsumsi,” tutur Kepala stasiun KIPM Medan II Edi Santoso pada kegiatan SKIPM Medan II “Goes to Market” yang digelar dalam rangkaian acara Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018.

Menurut Edi, sertifikasi ini akan diberlakukan dalam tahun 2018 ini mengingat sudah banyak daerah di provinsi sama yang memberlakukannya. Namun sebelum sertifikasi, SKIPM Medan II akan memberlakukan sosialisasi ke pengusaha ritel yang dimulai di Kota Medan.

Edi menyebutkan, untuk mempertahankan mutu ikan yang dijual, sistem rantai dingin di pasar modern harus dijaga dengan baik. Namun menurutnya, sebenarnya jaminan mutu juga harus diberlakukan di pasar tradisional sehingga SKIPM Medan II juga akan turun memberikan edukasi kepada pedagang dan masyarakat.

“Ciri-ciri atau tanda-tanda ikan segar dan sehat atau bermutu akan diinformasikan. Bulan Bakti ini dijadikan momentum untuk mensosialisasikan perlunya mengkonsumsi ikan berkualitas,” jelas Edi.

Mewujudkan pola konsumsi ikan yang sehat memang tak mudah. Keterlibatan masyarakat, pengusaha, pedagang, dan instansi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu menurut Edi, SKIPM Medan II menggandeng Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengawasi ikan yang beredar di pasaran.

Terakhir, Edi mengungkapkan, dalam rangka memeriahkan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018, SKIPM Medan II juga menggelar coaching clinic dan perlombaan kampanye Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina (Gemasatukata). (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments