Sekolah Pantai Indonesia Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Pesisir

52
Pembukaan acara Jambore Pesisir dalam rangkaian Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) di umi Perkemahan Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (15/10). Dok. Humas KKP/Estu Handayani Siwi

KKPNews, Jakarta – SMP Negeri 2 telah terpilih sebagai pelaksana Sekolah Pantai Indonesia (SPI) tahun 2017. Sebagai pelaksana, SMP Negeri 2 Sabang mengangkat isu yang sangat penting, yaitu pencemaran pesisir. SMP Negeri 2 Sabang telah melaksanakan rangkaian kegiatan terkait dengan pencemaran pesisir, dimulai dari AMATI pencemaran yang ada di wilayah pesisir, ANALISA hasil pengamatan, AJARKAN pembelajaran yang diperoleh kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, hingga yang terakhir, yaitu AKSI Bersih Pantai sebagai implementasi dan wujud nyata yang dapat mereka lakukan untuk menuju pesisir Sabang yang lebih baik.

Aksi Bersih Pantai dilakukan dengan melibatkan 550 peserta terdiri dari siswa/i SMP Negeri 2 Sabang dan SMP lainnya serta para Panglima Laot dan masyarakat pesisir. Aksi serentak dilaksanakan di 11 titik Kota Sabang, yaitu Ujong Karang, Anoi Itam, Balohan, Jaboi, Beurawang, Keunekai, Iboih, Ie Meulee, Paya Keunekai, Pria Laot, dan Ujong. Selain Aksi Bersih Pantai juga diberikan bantuan berupa alat kebersihan serta demo kerajinan tangan dari bahan sampah pantai.

Bersamaan dengan Aksi Bersih Pantai juga dilakukan penyerahan simbolis bantuan pemerintah kepada 3 Kelompok Penerima Bantuan Sarana Usaha Ekonomi Produktif (Pokwasmas Bina Bersama, Kelompok Usaha Jasa Bahari dan Poklahsar Ie Tarek) dan 5 Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi, atau KOMPAK (Kelompok Rujak Batee Galah, Kelompok Rujak Benteng, Kelompok Usaha Berkah, Kelompok Pe We Gallery, dan Kelompok Sahabat Karang ).

Sekolah Pantai Indonesia (atau SPI) merupakan salah satu kegiatan dari program besar Gerakan Cinta Laut atau Gita Laut, sebagai salah satu movement bentuk penyadaran bagi generasi muda agar lebih mengenal budaya bahari.

Diharapkan dengan adanya Sekolah Pantai Indonesia ini dapat tertanam rasa cinta akan laut sejak usia dini. (Humas PRL)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments