Satukan Tujuan, BKIPM Pontianak Dorong Komunikasi dan Sinergi Lintas Lembaga

55
Ilustrasi. Dok. Istimewa

KKPNews, Pontianak – Sinergi dan koordinasi merupakan salah satu langkah yang dilakukan dalam merawat komunikasi antar kementerian/Lembaga menjaga kedaulatan. Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pontianak menggelar kegiatan Forum Komunikasi Koordinasi dan Kerjasama (K3) pada Kamis (22/3). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperkuat sinergi koordinasi, komunikasi dan kerjasama serta memperkuat tugas dan fungsi BKIPM di wilayah Kalimantan Barat dalam mengawal Undang-Undang No.16 Tahum 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Selain itu sejalan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.56 tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster (Sanulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajungan (Portunus spp.) dari Wilayah Negara Republik Indonesia.

Kepala Stasiun KIPM Pontianak Miharjo mengatakan perlunya dilakukan giat komunikasi agar dapat menyatukan persepsi tentang visi dan misi program kelautan dan perikanan. “Ini bertujuan juga agar kami satu pemahaman dan satu tujuan tentang apa saja yang harus dilakukan ke depannya,” ujar Miharjo.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan BKIPM. Selain itu, ia pun menyatakan sangat mendukung penuh tugas dan fungsi BKIPM dalam penegakkan hukum. “Tidak boleh memberikan toleran terhadap masuknya barang-barang illegal,” tegasnya.

Selain dilakukan koordinasi, dalam kesempatan tersebut, para peserta meninjau Instalansi Karantina, laboratorium penguji sebagai dasar sertifikasi hasil uji yang berstandar ISO 17025-2005. Kapolda juga menyaksikan video BKIPM dam keberhasilan BKIPM dalam menangani kasus penyelundupan kepiting dan lobster. Diharapkan ke depan, masyarakat Kalbar lebih sadar akan mutu dan karantina ikan serta patuh terhadap peraturan yang berlaku.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kanwil Bea dan Cukai Kalbar, GM Angkasa Pura Supadio, Kapolsek Sungai Raya, Kapolsek Kawasan Bandara Supadio, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Kepala LPPMHP, PSDKP, Kepala Balai KIPM Entikong, Karantina Kesehatan Pelabuhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya, BIN, Camat Sungai Raya dan jajarannya serta pengguna jasa dan tokoh masyarakat. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments