Produk Olahan Ikan Makin Inovatif, Mendukung Program Gemari

2483
google.com

KUDUS – Program gemar makan ikan (gemari) yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ternyata tidak hanya mendorong konsumsi ikan bagi masyarakat. Para pengusaha produk perikanan juga terdorong untuk melakukan inovasi.

‘’Program Gemari ini sangat bagus, tetapi kalau hanya diasumsikan makan ikan biasa, mungkin banyak orang yang malas atau bosan karena alasan amis. Ini tantangan bagi kami sebagai pengusaha olahan makanan untuk semakin kreatif dan inovatif,’’ kata Nur Hidayah, salah satu pengusaha olahan ikan di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, kemarin.

Untuk mendorong konsumsi ikan, produk-produk olahan dibuat semakin variatif dan menarik, seperti pembuatan nugget ikan, bakso ikan, galantin ikan, donat ikan, bola-bola ikan keju, kerupuk ikan, rengginang ikan, dan chesse stik ikan. Dengan produk tersebut, olahan ikan tidak melulu menjadi lauk, tetapi juga camilan menarik yang mengandung protein tinggi.

‘’Produk-produk inovatif ini tentunya bisa meningkatkan konsumsi ikan untuk mewujudkan kecerdasan bangsa,’’ katanya. Nur Hidayah mengaku, produk- produk olahan ikan buatannya tersebut, selama ini mendapat respons positif dari masyarakat.

Produknya sudah dibeli konsumen di sekitar Kabupaten Kudus. Rencananya, produk olahan ikan yang dibuat akan dikembangkan lagi agar masyarakat memiliki banyak pilihan untuk mengkonsumsi ikan. ‘’Prospeknya bagus, sehingga ke depan akan dikembangkan lebih banyak lagi variasi produknya,’’ ungkapnya.

Memotivasi Masyarakat

Kabid Perikanan, Pada Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus, Fajar Nugroho mengatakan, program Gemari ditujukan untuk memotivasi dan mengedukasi masyarakat agar lebih gemar memakan ikan, karena kandungan vitamin dan protein yang dibutuhkan tubuh sangat tinggi.

Selama ini, di Indonesia, bahkan di Kabupaten Kudus, konsumsi ikan masih jauh dari angka ideal. ‘’Kami pacu terus masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar,’’terangnya.

Menurutnya, beberapa produk olahan ikan di Kabupaten Kudus selama ini sangat banyak dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan konsumsi ikan. Produk-produk baru dan inovatif juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah konsumsi ikan. (H76-24)

Sumber: Suara Merdeka

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (40.0%)
  • Terinspirasi (40.0%)
  • Tidak Peduli (20.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments