PPS Cilacap Gelar Sosialisasi PP No.75 Tahun 2015

126

KKPNews, Cilacap – Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS)  Cilacap  menggelar kegiatan sosialisasi penerapan Peraturan Pemerintah (PP) No. 75 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif  Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan di Balai Pertmuan Breakwater PPS Cilacap, Jum’at (16/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengoptimalkan Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Khususnya di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yang merupakan salah satu sumber penerimaan Negara sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Sosialisasi ini di ikuti oleh 30 Peserta dari  Perusahaan/stakeholder dalam lingkup PPS Cilacap dengan menghadirkan narasumber dari Sub Bagian Keuangan dan Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Heru Wahyudi, S.AP, M.Si. yang dimederatori oleh Kepala Bagian Tata Usaha PPS Cilacap Drs. Eno Sandy Prayitno, MM.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Ir. Bambang Ariadi, MM. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa “ diselenggarakannya Sosialisasi PP No.75 Tahun 2015 ini adalah agar para stakeholder dapat tertib administrasi dengan  mengetahui tentang jenis dan tarif  PNBP di PPS Cilacap sehingga dapat meringankan beban para pengguna jasa bila terjadi keterlambatan pembayaran”.

Dalam memberian materinya Kepala Sub Bagian Keuangan pada Bagian Keuangan dan Umum Sesditjen Perikanan Tangkap Heru Wahyudi, S.AP, M.Si menjelaskan bahwa “ Penerimaan Negara itu ada dua yaitu Pajak dan Bukan Pajak dan tidak seluruh Kementerian itu ada PNBP” ungkap beliau.

Dikatakan juga bahwa : “Terbitnya PP No. 75 Tahun 2015 merupakan sebuah kebijakan yang dilakuan untuk menyesuaikan jenis dan tarif pungutan perikanan sebagaimana sebelumnya telah di atur dalam PP No. 19 Tahun 2006 tentang perubahan atas PP No. 62 Tahun 2002 tentang tarif dan jenis atas penerimaan bukan pajak yang berlaku pada Departemen Kelautan dan Perikanan”.

Selain dengan pemberian materi, narasumber juga memberikan waktu pada peserta untuk Tanya jawab. Dengan dilaksanakannya sosialisasi PP No.75 Tahun 2015 diharapkan agar pelayanan kepada para pengguna jasa serta PNBP di PPS CIlacap akan Meningkat. (CS)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments