PPS Bungus Ekspor Tuna ke Jepang dan Amerika

109
Aktivitas penyeleksian tuna layak ekspor di PPS Bungus, Sumbar. Dok. Humas KKP/Raja Haposan

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus merupakan satu satunya PPS di Pulau Sumatera yang melaksanakan langsung ekspor komoditas  tuna segar ke Jepang dan tuna loin (beku) ke Amerika. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu didaratkan 281 ekor tuna seberat 4.680 kg dari kapal KM. Jaya Wijaya milik dari PT Bahana Marine untuk diekspor ke Jepang. Aktivitas ekspor tersebut dilakukan oleh PT Dempo Andalas Samudera.

Sebagai informasi, PT Dempo Andalas Samudera adalah satu-satunya perusahaan yang melaksanakan  aktivitas ekspor tuna tersebut ke pasar-pasar di Amerika. PT Dempo Andalas Samudera berdiri tahun Agustus 2007 dengan bidang usaha utama processing tuna beku. Pasar utama ekspornya adalah Amerika Serikat. Industri PT Dempo Andalas Samudera dapat menampung processing ikan berkapasitas 10 ton. Namun umumnya PT ini hanya mengelola rata-rata 2 ton setiap harinya. Komoditas tuna beku ekspor dikirim dari Padang melalui Teluk Bayur ke Jakarta, untuk kemudian diberangkatkan ke Amerika Serikat.

Kasubsi Tata Pelayanan KIPM Kelas 1A Padang Rini mengatakan, komoditas ikan yang akan masuk dan keluar wilayah Indonesia, atau pun antar-wilayah Indonesia harus melalui karantina untuk mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit ikan. KIPM bertugas untuk menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan melalui penerbitan sertifikat HC.

Rini juga mengungkapkan, aktivitas ekspor di Sumatera Barat didominasi oleh komoditas perikanan, khusunya tuna. “Dari data yang sudah kami laporkan, untuk tahun 2016, 46% komoditas ekspor yang melalui Bandara Internasional Minangkabau didominasi oleh komoditi perikanan, terutama tuna, dengan tujuan ekspor Amerika dan Jepang,” tandas Rini. (RHP/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments