Pontianak Ambil Bagian dalam Lomba Masak Ikan Nusantara

123
Ilustrasi

KKPNews, Pontianak – Dalam perayaan 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, masyarakat diajak meningkatkan konsumsi ikan yang merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Salah satu caranya dengan mengadakan acara Lomba Masak Ikan Nusantara.

Lomba Masak Ikan Nusantara adalah acara yang dilaksanakan Primarasa.co.id, situs masak Femina Group, bersama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Staf Presiden (KSP), serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengenal masakan ikan.

Lomba Masak Ikan Nusantara diadakan juga dapat mendorong keragaman kuliner Indonesia sebagai produk wisata yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk melakukan perjalanan wisata.

Lokasi audisi dan pelaksaan kegiatan Lomba Masak yaitu Pontianak, Kalimantan Barat, menjadi 1 dari 13 provinsi yang dipilih menjadi lokasi audisi dan pelaksanaan kegiatan Lomba Masak Ikan Nusantara dan diberi tema “Pesona Ikan Khatulistiwa” dengan menghadirkan masakan khas Kalimantan Barat. Lomba diselenggarakan di Taman Alun Kapuas, Pontianak pada hari ini (1/8). Panitia akan menyediakan ikan belida, patin, dan lais untuk diolah menjadi hidangan lezat dan bergizi oleh para peserta lomba.

Kepala Dinas Disporapar Syarif Saleh Kota Pontianak mengatakan, dalam kegiatan ini akan diperkenalkan keanekaragaman kuliner Pontianak yang luar biasa. Kota dengan Sungai Kapuas, yang kaya akan beragam jenis ikan.

“Saya yakin Pontianak memiliki banyak calon juara yang siap menuju Istana. Dengan Pesona Ikan Khatulistiwa, kami juga berharap Pontianak semakin dikenal lewat pesona Kapuas-nya karena pelaksanaan lomba di Taman Alun Kapuas,” ungkap Syarif.

Tahap audisi dilakukan pada Lomba Masak Nusantara yaitu dengan bertemu langsung dengan koki terbaik dari seluruh Indonesia dan pemenangnya mendapatkan kesempatan workshop serta memasak untuk Presiden Joko Widodo pada Perayaan 17 Agustus 2017 di Istana Negara.

Kandungan yang terdapat pada ikan memiliki protein tinggi dan dianggap solusi bagi masalah gizi buruk (stunting) yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, dengan 70% wilayah perairan. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa peningkatan gizi menjadi sangat penting untuk menjawab kebutuhan generasi Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kawasan maupun global.

“Melalui ikan, Kalimantan Barat menuju Istana Presiden,” tegas Kartius, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Barat.

Pada Lomba Masak Ikan Nusantara di Pontianak ini, Syamsudin keluar sebagai pemenang dengan menu Ikan Saos Kribang Daun Kesum Daun Serundeng. Adapun posisi kedua dan ketiga masing-masing diperoleh oleh Abdul Kadir dengan menu Botok Ikan Masak Putih dan Henny Wati dengan menu Gulai Ikan Pari Lancang Kuning. (EZ/AFN).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments