Perinus Operasikan Unit Pengolahan Ikan di Kepulauan Talaud

52

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan kepercayaan kepada PT Perikanan Nusantara (Perinus) untuk mengelola Unit Pengolahan Ikan (UPI) di sentra pulau terluar Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Perinus Dendi Anggi Gumilang dengan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Bramantya Satyamurti Poerwadi di Sinergi Lounge Kementerian BUMN, Senin (13/8).

Kerja sama ini menyangkut pemanfaatan Gudang beku terintegrasi (Integrated Cold Storage/ICS) dan pemanfaatan barang daerah di lokasi Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) oleh Perinus.

Dendi mengatakan bahwa selain kerja sama di bidang sarana prasarana, Perinus juga akan memberikan beberapa pelatihan kepada nelayan Talaud agar hasil tangkapan ikannya dapat lebih baik lagi. Mengingat saat ini, penangkapan ikan di Talaud masih dilakukan dengan cara-cara lama. “Nah di sini kita coba dilakukan pelatihan dengan nelayan, nanti kerja sama dengan Talaud mana saja nelayannya agar hasil penangkapannya bagus,” ujar Dendi.

Dendi berharap, dengan adanya kerja sama ini akan membantu pertumbuhan ekonomi nelayan dan membuat daerah Taulud dapat bersaing dengan daerah-daerah lain.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Wahyumi selaku Bupati Kepulauan Talaud menyatakan bahwa kerja sama ini akan mengoptimalkan hasil produksi ikan Kabupaten Kepulauan Talaud yang saat ini mencapai 13.000 ton/tahun. Kabupaten Talaud merupakan tempat penghasil Cakalang, Tuna, dan Tongkol yang sangat memiliki nilai keuntungan yang tinggi.

“Potensi tersebut belum memberikan dampak maksimal bagi daerah karena fasilitas pengelolaan hasil ikan yang masih kurang baik seperti keterbatasan alat tangkap, keterbatasan tempat penyimpanan ikan, kapasitas kapal, serta fasilitas pengelolaan hasil tangkap,” ujar Sri. (Dea Radista Rachmi/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments