Peringati Coral Triangle Day, KKP Gelar Workshop Pemutihan Terumbu Karang 

124

KKPNews, Manado – Dalam rangka memperingati Coral Triangle Day atau Hari Terumbu Karang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui unti pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) yakni Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (P3SDLP) menggelar workshop yang diselenggarakan di Gedung “Bubble” CTI-CFF, Kompleks Grand Kawanua, Manado, Kamis (9/6) lalu.

Workshop bertema “Pemantauan dan Penanggulangan Kejadian Pemutihan Terumbu Karang (Coral Bleaching) di Indonesia” ini dihadiri oleh lebih dari 40 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Peserta workshop tersebut di antaranya merupakan wakil dari KKP, Pemda Provinsi Sulawesi Utara, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat pemerhati karang.

Acara yang digelar bertepatan dengan bulan Ramadan ini dibuka oleh Kepala P3SDLP, Ir. M. Eko Rudianto, M.BUS. IT dan berlangsung hangat. Acara ini terselenggara atas kerja sama P3SDLP dengan Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL).

Dalam acara tersebut, hadir pula Prof. Dr. Suharsono, M.Sc dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan Prof. Dr. Dietrich Gabriel Bengen sebagai narasumber. Beliau memaparkan mengenai pemutihan karang dan konsep konservasi pulau-pulau kecil untuk melindungi karang dari perusakan.

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati terumbu karang tertinggi di dunia dan masuk dalam segitiga terumbu karang dunia. Sampai saat ini, segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle) masih menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia. Coral Triangle merupakan kawasan laut yang kaya akan keaneragaman hayati. Kawasan tersebut meliputi 6 negara, yaitu Filipina, Kepulauan Salomon, Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Indonesia.

Dari enam negara tersebut, Indonesia merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang. Indonesia memiliki garis coral triangle kurang lebih sepanjang 80.791 km. Oleh karena itu, keberadaan ekosistem terumbu karang di wilayah Indonesia harus dilindungi.

(FA/RA)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments