Peneliti : Fukoidan dalam Rumput Laut Coklat Memiliki Banyak Manfaat Bagi Manusia

553
Fukoidan (Brown Algae)

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) rutin mengadakan learning session yang membahas hasil penelitian-penelitian terbarukan Balitbang KP. Tujuan diadakannya learning session yaitu menyosialisasikan penelitian-penelitian terbaru Balitbang KP kepada para undangan yang terdiri atas para peneliti lain dan unit kerja lain di KKP.

Tema learning session pada 28 Oktober 2016 yaitu Fukoidan sang Primadona Polisakarida Sulfat dari Rumput Laut Coklat yang disampaikan oleh Dr. Ellya Sinurat. Dalam kesempatan tersebut, Ellya mengungkapkan bahwa rumput laut coklat yang mengandung fukoidan merupakan salah satu produk unggulan KKP.

“Fukoidan ini adalah jenis polisakarida yang terikat sulfat. Fukoidan dapat ditemukan pada rumput laut coklat dan hewan vertebrata seperti teripang. Namun, kandungan tertinggi dari fukoidan ini ada di rumput laut coklat,” ujar Ellya di Auditorium Blue Fin, Kantor Balitbang KP, Ancol, Jumat (28/10).

Ellya mengatakan bahwa jenis rumput laut coklat yang berada di Indonesia di antaranya Cystoseira sp, Dictyopteris sp, Dictyota sp, Hormophysa sp, Hydroclathrus sp, Padina sp, Turbinaria sp, dan Sargassum sp.

“Hasil penelitian bioaktivitas fukoidan in vitro dan in vivo yang diteliti oleh P3DSBKP, Balitbang KP meliputi sistem imun pada udang, anti koagulan, fukoidan sebagai anti tukak lambung,” ujarnya.

Lebih lanjut Ellya mengungkapkan mengenai fungsi dan pengaplikasian fukoidan. Berikut fungsi dan pengaplikasan fukoidan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Fukoidan dapat berfungsi sebagai :

  1. penghambat beberapa virus seperti virus yang menyerang sistem imun manusia;
  2. penghambat pertumbuhan sel kanker;
  3. peningkat kekebalan dengan menahan difus sel tumor;
  4. pengurang kadar kolesterol serum dan trigliserida;
  5. antidiabetik, proteksi radiasi, antioksidan, penghambatan berat;
  6. penyerapan logam berfluktuasi.

Fungsi-fungsi fukoidan tersebut dapat diaplikasikan pada :

  1. makanan kesehatan, industri makanan aditif;
  2. ditambahkan ke dalam produk susu, minuman, perawatan kesehatan, kue-kue, minuman dingin, roti, dan susu;
  3. bidang kosmetik;
  4. bidang farmasi.

Dari fungsi dan pengaplikasian tersebut, Ellya berharap Balitbang KP akan terus meneliti lebih lanjut mengenai fukoidan. Diharapkan fukoidan dapat menjadi industri baru di Indonesia yang dapat membantu menyejahterakan masyarakat sekaligus menyumbang devisa bagi negara. (RA)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (72.7%)
  • Sedih (18.2%)
  • Senang (9.1%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)

Comments

comments