Pencegahan Dini, DWP KKP Selenggarakan Deteksi Kanker Payudara

68
Penyelenggaraan mammografi untuk deteksi dini kanker payudara di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (22/11). Dok. Humas KKP/Joko Siswanto

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan tes mammografi, yaitu deteksi dini kanker payudara dengan menggunakan sinar-X dosis rendah guna menjaga kesehatan payudara, di Kantor KKP, Jakarta, pada 20-22 November 2017. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan ‘Deteksi Dini Mewujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara’ yang telah dilaksanakan pada 26 Oktober lalu, dalam rangka bulan kanker payudara dunia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) KKP bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Kegiatan ini melibatkan 8 orang tenaga medis YKI dengan sasaran peserta pegawai wanita dan istri pegawai lingkup KKP.

Sampai hari terakhir pelaksanaannya jumlah peserta mencapai 150 orang. Peserta mengaku tertarik mengikuti kegiatan ini untuk mencegah kemungkinan terserang penyakit kanker payudara sejak dini.

“Saya merasa berkepentingan untuk mengecek apakah ada masalah dengan payudara saya. Saya rasa mengecek kesehatan payudara secara berkala sangat penting bagi setiap wanita. Apalagi ini kan tesnya gratis. Kalau di luar tes seperti ini mahal,” ungkap Dyah salah satu pegawai KKP yang ikut pemeriksaan pada Rabu (22/11).

Ia juga mengungkapkan apresiasi atas diselenggarakan tes ini. Dyah berharap, tes seperti ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran wanita untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama payudara.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto dalam pelaksanaan tes deteksi kanker serviks beberapa waktu lalu menyatakan, kegiatan seperti ini merupakan refleksi kasih sayang kepada para wanita. Menurutnya, wanita dengan segala keistimewaannya berhak untuk mendapatkan deteksi dini untuk mencegah kemungkinan penyakit yang dapat mengancam jiwa. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments