Pemkab Bengkalis Lirik Potensi Budidaya Rumput Laut

778
ilustrasi - google.com
BENGKALIS-Pemkab Bengkalis melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bengkalis melirik potensi rumput laut sebagai salah satu komoditi yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir. Sebagai bentuk keseriusan,  DKP menggelar pelatihan khusus budidaya rumput laut.
 
Kegiatan yang dilaksanakan dilaksanakan di aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis dan Unit Produksi Perikanan(UPP) Penebal itu berlangsung dua hari, 24 -25 Oktober 2015. Peserta berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan dengan narasumber dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Bambang Budi Kahardjo dan Bagian Pemasaran Serta Asosiasi Rumput Laut Indonesia, Asep Ridwan.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri dalam sambutannya berharap kepada para peserta bisa mengikuti pelatihan nanti dengan sungguh-sungguh dan bisa menerapkan dalam budidaya rumput laut nantinya. Komoditi rumput laut menurut Amril, relatif baru di Bengkalis. Untuk itu, dalam penempatan lokasi budidaya nantinya, harus berkoordinasi dengan desa terkait, supaya tidak mengganggu areal pelayaran.
 
“Budidaya rumput laut merupakan budiaya yang sangat mudah dan murah, cukup mengikat benih rumput laut dengan tali, tidak perlu memberi makan dan perawatan yang khusus. Tapi mempunyai nilai ekonomis,” ujar Amril.
 
Dikatakan, dalam budidaya rumput laut ini harus ikhlas dan disiplin karena rumput laut mempunyai batas waktu panen, jika lambat panen akan rusak.
 
“Ikuti aturan dan cara -cara budidaya rumput laut yang disampaikan nara sumber supaya hasilnya sesuai harapan. Tinggal nanti pihak Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjembatani pemasarannya,” ujarnya.
 
Sementara itu, Bambang Budi Kahardjo dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung mengatakan, salah satu keunggulan rumput laut adalah belum ada bahan sintetis lain yang dapat menggantikan bahan aktif yang terkandung dalamnya sehingga rumput laut memiliki nilai ekonomis dan berkontribusi besar untuk peningkatan taraf hidup masyarakat pesisir.
 
“Dalam pelatihan ini kita fokuskan pada jenis rumput laut yang bernilai ekonomis, penyediaan bibit rumput laut dan teknologi budidaya rumput laut,” ujar Bambang.

 

Sumber: Hallo Riau

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments