Pemerintah Dukung Aktivitas Nelayan Jambi dengan Bantuan Kapal

71
Ilustrasi. Dok. Istimewa

KKPNews, Jambi – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong aktivitas melaut para nelayan. Guna mewujudkannya, berbagai bantuan pun telah disiapkan. Salah satunya yaitu bantuan kapal penangkap ikan yang diberikan kepada nelayan di berbagai daerah.

Nelayan di pesisir timur Provinsi Jambi misalnya tahun ini akan mendapat bantuan 40 unit kapal penangkap ikan sebagai upaya meningkatkan hasil tangkapan laut. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Tema Wisman.

“Berdasarkan proposal dua kabupaten yakni Tanjungjabung Timur dan Tanjungjabung Barat, tahun ini nelayan kita akan mendapat bantuan kapal sebanyak 40 unit,” ungkapnya di Jambi, Senin (26/3).

Menurut Wisman, kapal bantuan tersebut berkapasitas 5-10 gross ton (GT). Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi ikan laut dari dua kabupaten di pesisir timur Provinsi Jambi.

“Kita menginginkan kapasitas kapal di atas lima GT, jadi nelayan kita bisa menangkap ikan hingga 12 mil dari bibir pantai. Tapi masih ada juga program bantuan kapal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berkapasitas di bawah lima GT,” ujarnya.

Bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan KKP ke dua kabupaten yang menjadi penghasil ikan laut di Jambi tersebut beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Pemprov Jambi juga akan memberikan bantuan berupa beberapa jenis alat tangkap untuk mendukung upaya peningkatan hasil laut di dua provinsi tersebut.

Alat tangkap yang diberikan merupakan alat tangkap ramah lingkungan sebagai upaya sosialisasi kepada nelayan agar tidak menggunakan alat tangkap cantrang (trawl) atau lebih dikenal sebagai pukat harimau syang dapat merusak ekositem laut. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments