Peduli Kesehatan Wanita, DWP KKP Selenggarakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

71
Penyelenggaraan tes deteksi dini kanker seviks dan payudara yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , di Gedung Mina Bahari III, Kamis (26/10). Dok. Humas KKP/Joko Siswanto

KKPNews, Jakarta – Sebanyak 242 peserta yang terdiri atas pegawai wanita dan istri pegawai lingkup Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengikuti kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara dalam rangka mendukung pencanangan bulan kanker payudara sedunia. Acara yang bertajuk ‘Deteksi Dini Mewujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara’ ini diselenggarakan di Ballroom Gedung Mina Bahari III KKP, Kamis (26/10).

“Acara ini sangat diimbaukan oleh Ibu Iriana Jokowi karena acara ini merupakan refleksi kasih sayangnya ke Ibu-ibu agar Ibu-ibu tetap sehat. Dengan mendeteksinya sejak dini, kita bisa segera mengatasinya sebelum penyakit itu merembet ke mana-mana,” ungkap Sekretaris Jendral KKP Rifky Effendi Hardijanto.

Penyakit kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Menurut Dokter Pengelola Program Kanker dan Kelainan Darah Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Lady Margaretha Sirait, setiap 2 menit wanita di dunia dan setiap 1 jam wanita di Indonesia mati akibat kanker serviks. Untuk itu Dokter Lady menyarankan agar wanita yang sudah menikah harus rutin melaksanakan tes deteksi dini potensi kanker rahim setiap tahun.

Kegiatan yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KKP ini melibatkan 10 tim tenaga medis dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Ketua Panitia acara deteksi dini kanker serviks dan payudara, Yana Rifky Effendi berharap melalui acara ini pihaknya dapat membantu menjaga kesehatan wanita Indonesia khususnya di lingkup KKP. Menurutnya tes ini sangat penting untuk wanita yang sudah menikah ataupun yang sudah pernah melahirkan. Untuk itu ia mengimbau untuk memeriksa kesehatan dan mengantisipasi kanker sejak dini.

“Semoga wanita di Indonesia sehat-sehat dengan cara harus peduli kesehatan, kebersihan, dan rutin memeriksakan diri terutama kanker serviks dan payudara,” pungkas Yana. (YA/IM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Marah (50.0%)
  • Senang (50.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Sedih (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)

Comments

comments