New York Times Soroti Komitmen Menteri Susi Berantas Illegal Fishing

25
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dok. Humas KKP/Regina Safri

KKPNews, Jakarta – Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diulas dalam The New York Times, media Amerika Serikat dalam rubrik ‘Saturday Profile’. Mengangkat judul “A ‘Little Bit of a Nut Case’ Who’s Taking on China”, episode tersebut ditayangkan Jumat (8/6) di www.nytimes.com.

‘Nut Case’ sendiri berdasarkan ‘McGraw-Hill Dictionary of American Idioms and Phrasal Verbs’, dapat dimaknai sebagai orang atau sosok yang gila. Namun tentu saja, gila di sini bukanlah gila penyakit kejiwaan.

Tulisan tersebut memang diangkat dari wawancara Menteri Susi dengan The New York Times di kampung halamannya di Pangandaran, Jawa Barat. Dalam wawancara tersebut, Menteri Susi menegaskan bahwa ia tak akan segan-segan melawan negara mana saja yang mencoba mencuri ikan di perairan Indonesia.

Selama ini, Menteri Susi memang terkenal berkat kebijakannya dalam pemberantasan Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF). Banyak yang mengatakan ia ‘gila’ karena kenekatan dan keberaniannya yang tak pandang bulu dalam memberantas kejahatan perikanan. “Bahkan keluarga saya juga menganggap saya ‘agak gila’,” ungkap Menteri Susi.

Dalam ulasannya, The New York Times menyebut, Menteri Susi bukanlah sosok yang konvensional. Bukan orang yang dapat berkompromi dalam mengurusi kasus-kasus illegal fishing di wilayah perairan Indonesia.

Mengutip data PBB, akibat aktivitas illegal fishing, Indonesia telah merugi hingga USD1 miliar per tahun. Namun saat ini, kerugian tersebut dapat diatasi dengan komitmen Indonesia yang kuat dalam pemberantasan IUUF.

Diangkatnya sosok Menteri Susi ini berkaitan dengan momentum peringatan Hari Internasional Perlawanan IUUF yang berlangsung di Markas Pusat FAO, di Roma, Italia, Selasa (4/6) lalu. Langkah-langkah tegas Menteri Susi sudah mendapat pengakuan dunia internasional.

Dirjen Food and Agriculture Organization (FAO) Jose Graciano da Silva dan Komisioner Uni Eropa untuk Lingkungan, Kelautan, dan Perikanan Karmenu Vella, juga secara khusus menyampaikan apresiasi untuk Menteri Susi.

Setidaknya semenjak menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, di bawah komandonya KKP telah menenggelamkan 363 pelaku illegal fishing untuk menciptakan efek jera. “Pendekatan ini efektif untuk mengirim pesan yang kuat bahwa Indonesia serius dalam hal memerangi IUU Fishing,” ungkap Menteri Susi dalam kegiatan di Roma, Selasa (4/6) tersebut. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments