Menteri Susi Terima Gelar Adat ‘Orlima Luar’ Desa Petuanan Adat Lonthoir

53
Menteri Susi Pudjiastuti saat menerima penganugerahan gelar adat ‘Orlima Luar’ dari masyarakat desa petuanan adat Lonthoir, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah dalam kunjungan kerjanya ke Maluku, Minggu (22/10). Dok. Humas KKP/Joko Siswanto

KKPNews, Banda Neira – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima gelar adat ‘Orlima Luar’ dari masyarakat desa petuanan adat Lonthoir, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah dalam kunjungan kerjanya ke Maluku, Minggu (22/10). Dengan pengukuhan gelar adat yang dilakukan oleh para tokoh adat dan masyarakat Lonthoir tersebut, Menteri Susi resmi menjadi orang luar yang diangkat menjadi anak daerah Lonthoir.

Menteri Susi mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepadanya oleh masyarakat daerah penghasil rempah-rempah tersebut. “Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang luar biasa dengan sambutan masyarakat yang luar biasa. Apresasi dari saya sebagai anak bangsa yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Saya betul-betul terharu. Akan saya sampaikan kepada Bapak Presiden dan kawan-kawan Menteri Kabinet (Kerja), di Banda semangat, kegembiraan, kebersamaan, dan kekeluargaannya luar biasa,” ungkap Menteri Susi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang turut dihadiri Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan, Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Hamin Bin thahir, Wakil Bupati Maluku Tengah Larlatu Leleury, dan sejumlah pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut, Menteri Susi berjanji tidak akan menyia-nyiakan gelar yang telah dianugerahkan kepadanya.

“Belum banyak yang bisa saya lakukan untuk negeri Bapak-bapak semua. Tapi saya berharap apa yang telah saya lakukan dalam memerangi illegal fishing di Kepulauan Maluku ini, telah membuahkan hasil dengan melimpahnya ikan di lautan Bapak,” tambah Menteri Susi.

Menteri Susi mengungkapkan, keberaniannya dalam memerangi illegal fishing timbul karena kecintaannya terhadap semua rakyat dan negara Indonesia. “Kalau tidak (cinta masyarakat dan negara), saya tidak akan mempertaruhkan dengan segala keberanian saya. Saya perangi semua pencuri ikan yang telah mengambil ikan kita bertahun-tahun,” imbuhnya lagi.

Terakhir, Menteri Susi berpesan agar masyarakat terus mendukung upaya pemerintah dalam menindak tegas pelaku pencurian ikan. Ia juga meminta agar masyarakat ikut berperan dalam menjaga laut mereka. “Bapak dan Ibu semua, ikan sekarang sudah banyak tolong dijaga. Kalau pemerintah sudah melakukan pekerjaan mengusir pencurinya, Bapak, Ibu, dan Adek semua bagian yang menjaganya,” tandasnya. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments