Menteri Susi: Kedaulatan Pulau Terluar Itu Penting!

52
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau pembanguna SKPT Natuna di Selat Lampa. Dok. RRI

Guna mendorong kesejahteraan dan memastikan keamanan masyarakat di pulau kecil terluar Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di beberapa titik . Salah satunya di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pembangunan SKPT diharapkan akan menghidupkan kegiatan-kegiatan ekonomi di pulau terluar sehingga dapat mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar.

“(Pembangunan SKPT) Sesuai Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 51 Tahun 2016 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan SKPT di Pulau-pulau Kecil dan Kawasan Perbatasan yang telah ditetapkan pada September 2017,” ucap susi di Pantai Batu Sindu, Natuna, Minggu (28/01).

Lokasi SKPT Natuna dibangun di Selat Lampa dengan lahan seluas 16,8 hektar (Ha). Di lokasi tersebut dibangun kios BBM, Gudang Pengelola Bersama, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), pusat perbaikan jaring, mesin dan cadangan, toilet umum, cold storage, pabrik es, air bersih, dan SPBM. Dengan pembangunan tersebut diharapkan agar pihak asing sadar bahwa pulau terluar Indonesia memiliki kegiatan ekonomi dan kesejahteraan yang baik sehingga tidak ada klaim asing atas kedaulatan wilayah Indonesia.

Kedatangan Susi ke Natuna ini juga memastikan agar tangkapan ikan nelayan Natuna dapat dijual dan didistribusikan ke SKPT. Dengan pendistribusian langsung ke SKPT diharapkan harga jual tangkapan ikan akan meningkat. Untuk mendukung kemudahan pendistribusian, KKP juga memberikan bantuan berupa kapal angkut bagi nelayan yang berlokasi jauh dari SKPT.

Selain untuk memberikan fasilitas kepada nelayan, pembangunan SKPT Natuna juga sebagai bentuk kehadiran pemerintah di pulau terluar Indonesia.

“Pulau terluar itu kita bangun, supaya masyarakat tidak merasa terasing, jauh dari pusat pemerintahan tidak diperhatikan. Yang kedua, dari sisi kedaulatan pulau terluar ini titik yang penting, makanya kehadiran pemerintah harus ditingkatkan, paling tidak masyarakat di sini merasa bukan tidak diperhatikan. Jangan sampai mereka tidak merasa bangsa Indonesia lagi, jangan sampai,” tegas Menteri Susi. (M Ilham Nofitra/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments