Menteri Susi: Keberlanjutan Sumber Daya Kelautan Tanggung Jawab Dunia

35
Dok. Humas KKP

KKPNews, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan tengah berfokus dalam berupaya meningkatkan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi Indonesia ingin terlibat dalam membangun sumber daya kelautan dunia.

Terkait hal itu dikatakan Menteri Susi mengatakan, “Kita ingin ikut terlibat dalam pembangunan sustainable economy di bidang kelautan, di mana saat ini sustainability kesehatan laut dunia itu sangat diperhatikan, di mana orang sadar bahwa laut itu masa depan planet ini, bukan Indonesia saja.”

Menteri Susi dalam kunjungan ke Norwegia beberapa waktu lalu mengatakan, hal tersebut tidak hanya menjadi tugas pemerintah dari masing-masing negara melainkan harus ada usaha dari semua stakeholder kelautan dan perikanan dunia.

“Salah satu penyebab laut Indonesia bisa kembali berdaulat dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat, tentu dengan cara menjaga dan menjadikan sumber daya kelautan terus berkelanjutan,” ujar Menteri Susi di Jakarta, Senin (25/6).

Menteri Susi menyatakan, kejayaan laut dunia sangat memengaruhi masa depan planet bumi. Sebab tanpa adanya sistem keberlanjutan di laut akan berdampak pada terjadinya kepunahan.

“Masa depan planet ini, semua bergantung pada kesehatan laut baik produktivitasnya, jumlah ikannya, biotanya, biomassnya,” lanjutnya.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia menjadi salah satu negara utama yang ikut melestarikan kejayaan laut dan melindungi biota laut dari ancaman kepunahan.

“Presiden menginginkan kita menjadi co-chair dari PM Norwegia, kemarin yang datang Sekjen UN Prime Minister Norwegia, dan menteri-menteri dari berbagai negara,” pungkas Menteri Susi. (Irna Prihandini/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments