Masyarakat Sambut Antusias Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan

37
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Ditjen PDSPKP KKP dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan perjanjian kerja sama Ditjen PDSPKP KKP dengan Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari) pada kegiatan Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan, di Jakarta, Minggu (3/6). Dok. Humas KKP/Regina Safri

KKPNews, Jakarta – Masyarakat menyambut antusias kegiatan Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), diĀ Area Parkir Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (3/6). Cut Nisa misalnya, pendatang dari Aceh ini sengaja datang ke Pasar Ikan Ramadan untuk berburu hidangan bandeng presto. Ia mengaku, ia dan keluarga memang menggemari makanan berbahan dasar ikan, terutama bandeng, tenggiri, dan tuna.

Adapun pedagang ikan segar, Gilang, mengatakan, ia sengaja datang ke Jakarta dari Cirebon untuk memperkenalkan ikan tangkapan dari daerahnya. Ia menjual berbagai jenis ikan segar seperti jenis-jenis kakap, ikan senangin, kerapu, udang, cumi-cumi, dan sebagainya yang dibeli langsung dari nelayan sehingga kesegaran ikannya terjaga.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau, yaitu Rp70.000 per kg untuk jenis kakap dan kerapu, Rp50.000 per kg untuk cumi-cumi, Rp40.000 per kg untuk ikan senangin, dan Rp100.000 per kg untuk udang laut.

Sebagai informasi, pada kegiatan Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan ini juga dilakukan penyerahan 500 paket Gemarikan bagi anak yatim piatu lintas agama yang berasal dari 25 yayasan/organisasi binaan Kowani di wilayah DKI Jakarta. Selain itu juga dilaksanakan edukasi manfaat ikan; bazar produk perikanan dan kuliner; lomba mewarnai anak TK; dongeng perikanan oleh Klinik Psikologi Pelangi; demo memasak ikan kaleng; demo membuat olahan ikan; demo Mobil Alih Teknologi Ikan (ATI) Gemarikan; pemeriksaan kesehatan gratis; klinik mutu produk perikanan; mobil laboratorium mutu; dan sebagainya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Ditjen PDSPKP dengan IBI yang ditandatangani oleh Dirjen PDSPKP Rifky Effendi Hardijanto dan Sekjen PP IBI Tuminah Wiratnoko, dan penandatanganan PKS antara Ditjen PDSPKP dengan Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari) oleh Dirjen PDSPKP Rifky Effendi Hardijanto dengan Ketua Periodik Pimpinan Pusat Perwari Tri Andriastuti. Kedua kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi publik dan co-ownership atas upaya peningkatan konsumsi ikan dalam mewujudkan generasi Indonesia yang sehat dan cerdas. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Marah (100.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Sedih (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)

Comments

comments