Lima Menteri yang Punya Citra Positif

237

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) mengeluarkan rilis tentang Satu Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dalam survei tersebut menggambarkan kecenderungan penurunan tingkat kepuasan publik.

LSJ mengungkapkan data bahwa tren penurunan tersebut tidak mengganggu kinerja lima menteri yang memberikan kontribusi positif atas kinerja di mata masyarakat. Peneliti LSJ, Ikhsan Rosidi mengatakan bahwa semakin tinggi ekspektasi masyarakat akan semakin sulit bagi pemerintah untuk merealisasikan keinginan masyarakat.

Tingkat ekspektasi masyarakat pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo adalah yang paling tinggi sejak era Presiden Soeharto,” ujar Ikhsan, Kamis (5/11/2015).

Responden yang disurvei oleh LSJ, memunculkan lima nama menteri yang dianggap memiliki kinerja yang sangat baik, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 64,3 persen, Menteri Pendidikan dan Budaya Anies Baswedan 42,5 persen, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli 40,1 persen, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa 39,6 persen , dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi 36,9 persen.

Menurut Ikhsan, Menteri Susi merupakan salah satu sosok pemimpin yang memiliki karakter yang berbeda dengan menteri-menteri lainnya. Selain itu, kebijakan-kebijakan yang dilakukannya juga cenderung berpihak pada kepentingan nasional, misalnya penenggelaman kapal-kapal asing pencuri ikan.

Sementara untuk Menteri Anies, dikatakan Ikhsan bahwa sosoknya memiliki komitmen moral yang tinggi dalam hal pemberantasan korupsi, serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masalah pendidikan. Rizal Ramli yang baru menjabat sebagai Menko Maritim menggantikan Indroyono Soesilo, menempati posisi tiga besar dalam survei tersebut sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

Anggapan masyarakat yang membentuk persepsi tersebut dikarenakan Rizal merupakan menteri yang gencar melakukan kritik terhadap pejabat yang bertindak secara tidak rasional. Rizal Ramli juga gencar melakukan kritik, bahkan kepada koleganya sendiri. Ini yang tidak ditemukan pada menteri-menteri lainnya, ujar Ikhsan.

Sementara Mensos Khofifah daianggap sebagai peja…bat Negara yang memiliki kemampuan komunikasi publik yang sangat baik. Selain itu, Ikhsan menilai bahwa Khofifah merupakan salah satu menteri yang sangat responsif dalam menyikapi setiap permasalahan sosial yang timbul.

Khofifah adalah salah satu menteri yang tidak tersandera oleh kepentingan politik, katanya. Posisi menteri dengan peringkat terbaik kelima hasil dari survei tersebut yang menempatkan Yuddy Chrisnandi.

Hal itu karena persepsi masyarakat yang menilai Yuddy menteri yang sangat konsisten untuk menerjemahkan Nawacita, selalu mensosialisasikan revolusi mental, blusukan hampir 500 kali dalam satu tahun, dan berani membuat kebijakan yang strategis, produktif sekaligus populis.

Di Indonesia susah membuat kebijakan yang strategis tetapi populis, biasanya kalau kebijakan yang diambil itu strategis akan terjadi kontraproduktif. Nah Yuddy salah satu menteri yang bisa melakukan hal tersbut,” paparnya.

Sumber: Tribun News

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments