‘LEDikan’ Tingkatkan Hasil Tangkapan Hingga 5 Kali Lipat

52
LEDikan, sebuah alat untuk memikat ikan dengan menggunakan lampu LED (Light-Emitting Diode) mampu tingkatkan penangkapan ikan hingga lima kali lipat.

KKPNews, Jakarta – LEDikan, sebuah alat untuk memikat ikan dengan menggunakan lampu LED (Light-Emitting Diode) yang berhasil ditemukan oleh peneliti Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agus Cahyadi mampu meningkatkan hasil tangkapan 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan penangkapan ikan biasa. Hal ini terjadi karena desain dan spesifikasi khusus LEDikan mampu menarik ikan datang lebih banyak.

“Biasanya nelayan memperoleh 100 kg untuk bagan ukuran 8,5 x 8,5 meter untuk sekali angkat, dengan penggunaan LEDikan jumlahnya bisa menjadi 500 kg, bahkan kalau sedang melimpah ikannya bisa sampai 1 ton, hasil tangkapannya,” terang Agus di Jakarta, Rabu (9/8).

Agus menjelaskan LEDikan yang ia ciptakan memiliki keunggulan dibandingkan dengan lampu-lampu yang umumnya digunakan nelayan untuk menangkap ikan. Beberapa di antaranya yaitu, alat ini menggunakan bahan yang renewable sehingga dapat digunakan secara hemat jika dibandingkan dengan lampu biasa. Selain itu, alat ini juga lebih terang dengan spektrum cahaya Red, Green, Blue (RGB) yang dirancang khusus dan disesuaikan dengan target ikan yang akan ditangkap. Panas yang keluar dari LEDikan ini tidak membuat ikan menjauh, justru sebaliknya dapat menarik ikan datang. Selain memudahkan operasi penangkapan ikan di laut, alat ini juga aman digunakan bagi nelayan karena tidak mudah mengeluarkan percikan api atau konslet.

”LEDikan juga awet dibandingkan lampu biasa, umur pakainya bisa sampai 5 tahun, kalau lampu biasa yang dipakai paling dalam hitungan minggu sudah putus karena kena angin dan terlalu panas, penggunaannya juga tidak bisa di pakai untuk di bawah air, sehingga  menyulitkan nelayan. Kalau LEDikan bisa dipakai di bawah air dan aman untuk nelayan,” pungkasnya. (DS/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments