KKP Targetkan 73 Ton Sampah dalam Aksi Pandu Laut Nusantara

113
Konferensi Pers Pandu Laut Nusantara di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (13/8). Dok. Humas KKP/Handika Rizki R

KKPNews, Jakarta – Pada kegiatan ‘Menghadap Laut’ yang akan diselenggarakan Pandu Laut Nusantara 19 Agustus 2018 mendatang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan dapat mengumpulkan puluhan ton sampah dalam aksi bersih-bersih pantai. “Pada saat aksi nanti kita tidak tahu ada sampah berapa banyak, tetapi kalau bisa 73 ton itu baik. Satu ton sampah per lokasi,” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti, Senin (13/8).

Sebanyak 73 lokasi dari Aceh hingga Papua akan menjadi lokasi dalam aksi bersih-bersih pantai tersebut. KKP akan menyediakan angkutan darat untuk membawa sampah yang diambil dari laut untuk dibawa ke TPA.

Sebuah penelitian yang dirilis oleh University of Georgia menyebutkan bahwa Indonesia termasuk dalam 10 besar negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke laut dengan perkiraan 0,48-1,29 juta metrik ton per tahun. Oleh sebab itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat dalam aksi bersih-bersih laut pada tanggal 19 Agustus mendatang.

“Kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi, makanya kami imbau semua rakyat Indonesia dan anak-anak muda yang ingin Indonesia menuju poros maritim bersama-sama Pandu Laut menghadap ke laut pada 19 Agustus jam 13.00 WIB di 73 titik ataupun titik-titik perairan lainnya” ujar Menteri Susi.

Menteri Susi menambahkan bahwa aksi tersebut tak hanya bisa dilakukan di laut, melainkan juga di sungai maupun danau. Dalam aksi tersebut, Susi selaku Pembina Utama Pandu Laut Nusantara juga turut mengajak beberapa public figure seperti Kaka dan Ridho Slank, Andien, Hamish Daud, serta Kirana Larasati.

“Saya nanti pada tanggal 19, jam tiga sore ada di Bitung sekalian mengomandoi penenggelaman kapal. Saya akan melakukan di beberapa wilayah di Bitung sekalian bersih-bersih pantai. Kurang lebih nanti ada satu juta orang yang akan ikut aksi ini” ujar Menteri Susi. (Dea Radista Rachmi/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments