KKP Serahkan Bantuan Guna Tingkatkan Produktivitas Tambak di Kabupaten Wajo

31
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepasliarkan benih ikan lokal di perairan Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3). Dok. Humas DJPB

KKPNews, Wajo – Pada rangkaian kegiatan pelepasliaran benih ikan lokal di perairan Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga memberikan dukungan langsung untuk genjot pemanfaatan potensi tambak di Kabupaten Wajo. Bantuan tersebut yakni 1 unit escavator; 410 ribu benih bandeng; dan 1,8 juta benih udang vaname.

Anggota komisi IV DPR RI Nasyit Umar yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dukungan tersebut akan sangat bermanfaat dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi perikanan budidaya di Wajo. Untuk itu, dirinya berpesan agar dukungan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya.

“Setiap kelompok pembudidaya mulai saat ini harus tercatat di dinas. Ini penting, supaya lebih memudahkan dalam melakukan pendampingan dan pembinaan. Saya juga mengamati, kenapa produktivitas budidaya di tambak hasilnya kurang optimal. Penyebabnya antara lain karena infratruktur tambak khususnya saluran irigasi yang tidak tertata dengan baik. Oleh karenanya dengan bantuan escavator ini, nanti masyarakat bisa manfaatkan untuk melakukan rehabilitasi,” ungkap Nasyid yang juga mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wajo ini dihadapan ratusan pembudidaya yang hadir.

Sebagaimana diketahui KKP terus mendorong program Pengelolaan Irigasi Tambah Partisipatif (PITAP) diberbagai daerah di Indonesia.

“Nanti kami akan upayakan program PITAP ini di Wajo dengan lebih terintegrasi. Kami juga akan menjangkau pengelolaan irigasi untuk air tawar. Escavator juga dapat dimanfaatkan untuk pengerukan Danau Tempe jika memungkinkan,” pungkas Arik. (Humas DJPB/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments