KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Kartu KUSUKA

144
Panen budidaya udang vaname di Desa Alas Buluh Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/9). Dok. Humas KKP/Ade Fitria Nola

KKPNews, Bogor – Sebagai bagian dari implementasi program One Data, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menerbitkan kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan atau biasa disebut Kartu KUSUKA.

Kartu ini dimaksudkan untuk memberikan identitas yang jelas bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan termasuk di dalamnya adalah pembudidaya ikan. Selain itu, kartu ini akan menjadi basis data untuk memudahkan perlindungan, pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan bagi pelaku usaha KP juga menjadi sarana pemantauan dan evaluasi pelaksanaan berbagai program yang ada di KKP.

Bagi lembaga pembiayaan baik perbankan maupun non-perbankan, keberadaan kartu KUSUKA akan mempermudah dalam identifikasi calon debitur yang akan memanfaatkan berbagai kredit atau pinjaman untuk usaha di bidang kelautan dan perikanan. Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, saat memberikan sambutan dalam acara fasilitasi akses pembiayaan di Bogor, Selasa – Rabu (7-8/11).

“Dengan berbagai kerjasama dan terobosan yang sudah dilakukan oleh KKP, kami berharap persoalan permodalan yang selama ini dihadapi oleh pembudidaya dapat semakin teratasi. Pada akhirnya, usahanya semakin bankable dan pembudidaya diharapkan dapat semakin mandiri dalam mengakses dan memanfaatkan berbagai sumber pembiayaan,” ungkap Slamet. (Humas DJPB/AFN)

Baca juga:

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Asuransi Pembudidaya Ikan Kecil

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pembentukan Badan Layanan Umum LPMUKP

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Program CSR & PKBL BUMN

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pra-Sehatkan

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments