KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Asuransi Pembudidaya Ikan Kecil

103
Panen budidaya udang vaname di Desa Alas Buluh Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/9). Dok. Humas KKP/Ade Fitria Nola

KKPNews, Bogor – Pada tahun 2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) segera meluncurkan program Asuransi Perikanan Bagi Pembudidaya Ikan Kecil (APPIK). APPIK merupakan terobosan terbaru dari KKP untuk menjamin keberlangsungan usaha pembudidaya ikan kecil. Program ini merupakan penjabaran dari Permen KP No. 18 Tahun 2016 tentang Jaminan Perlindungan atas Resiko kepada Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam.

“Melalui asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan khususnya yang skalanya masih kecil, maka perlindungan atas risiko yang dialami oleh pembudidaya ikan kecil dalam usaha pembudidayaan ikan akan semakin terjamin, sehingga perbankan tidak ragu-ragu lagi mengucurkan kreditnya,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, di Bogor, Selasa (7/11).

Slamet menjelaskan, asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil setidaknya akan meng-cover lahan budidaya seluas 3.300 hektar untuk usaha pembesaran udang atau polikultur udang di tambak dengan teknologi sederhana.

Alhamdulillah Polis Standar yang telah disusun oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) telah mendapat persetujuan dari OJK dan persyaratan administrasi untuk proses lelang juga sudah dipenuhi oleh AAUI. Setelah ijin produk OJK keluar, selanjutnya proses lelang dapat dilakukan.  Harapan kami, jika November ini semua proses lelang selesai maka pembudidaya akan tercover hingga November 2018,” pungkasnya. (Humas DJPB/AFN)

Baca juga:

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pembentukan Badan Layanan Umum LPMUKP

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Program CSR & PKBL BUMN

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pra-Sehatkan

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments