KKP Bersama Mitra Gelar Our Ocean Film Festival 2018

26
dok.humas KKP / Regina Safri

KKPNews, Nusa Dua – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Our Ocean Conference 2018, tanggal 29-30 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali. Dalam mendukung OOC 2018 diadakan beberapa kegiatan side event, salah satunya adalah Film Festival yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap laut. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan WWF Indonesia sebagai anggota Forum Komunikasi Konservasi Indonesia (FKKI) menggelar kegiatan Our Ocean Film Festival, di Museum Pasifika, Nusa Dua, Bali, pada Sabtu-Minggu, tanggal 27-28 Oktober 2018.

Pemutaran beberapa film mengangkat tema kelautan, di antaranya film Pulau Plastik, Ku Lari ke Pantai, Blue the Film, dan film dokumenter Provinsi Konservasi. Usai penayangan film dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penyampaian ringkasan atau kesimpulan. Media film dipilih untuk mendidik generasi muda dan masyarakat umum melalui hiburan dan media kreatif. Festival film ini akan dihadiri beberapa ahli kelautan, di antaranya Citizen Journalism Asian Water Birds Census, Biodiversity Warriors, Perempuan Conservation International, dan Ocean Witness, sehingga penonton nanti dapat berdialog secara interaktif. Selain itu kegiatan ini juga semakin menarik dengan digelarnya Coral Triangle Photographic Expedition.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan “Persoalan sampah yang mengotori perairan kita, kegiatan destructive fishing dengan menggunakan bom atau bahan peledak lainnya, penangkapan ikan yang berlebihan, penangkapan spesies dilindungi, penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Kita perkenalkan dunia konservasi laut kepada para peserta. Harapan ke depan akan timbul kesadaran masyarakat Indonesia khususnya, dan dunia pada umumnya, betapa pentingnya menjaga laut serta biota yang ada di dalamnya.”

Our Ocean Film Festival ini akan diikuti lebih dari 300 peserta setiap harinya, yang terdiri dari delegasi OOC 2018 berbagai negara, mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan, pelajar SMP dan SMA di Bali, komunitas fotografi dan sinematografi, komunitas kreatif, organisasi masyarakat sipil, pemerintah provinsi dan kota setempat, serta pelaku industri pariwisata bahari. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan laut dan kekayaan yang ada di dalamnya kepada masyarakat utamanya generasi muda. Dengan demikian diharapkan munculnya rasa mencintai dan memiliki yang dibarengi dengan upaya menjaga laut. (afn/ds)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments