KKP Alokasikan Rp2,5 Miliar untuk Gita Laut

51
Dok. EPA/MIKE NELSON

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) mengalokasikan Rp2,5 miliar untuk penyediaan fasilitas fisik pengelolaan sampah plastik. Hal ini merupakan bagian dari program Gerakan Cinta Laut atau yang biasa disebut dengan “Gita Laut” yang juga program dari Ditjen PRL untuk pendekatan partisipatif dalam konteks pelestarian laut.

Direktur Jendral PRL Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan anggaran yang telah dialokasikan KKP untuk melaksanakan program Gita Laut sebesar 8 sampai Rp10 miliar per tahun dari 2017. Dana sejumlah Rp2,5 miliar dialokasikan KKP untuk fasilitas fisik pengelolaan sampah dan selebihnya dana digunakan gerakan Gita Laut yang meliputi pelatihan, bersih pantai, sekolah bahari, dan program tempat sampah.

Brahmantya menjelaskan dana sebesar Rp2,5 miliar digunakan untuk pengelolaan sampah plastik di 11 titik wilayah dan komposter sampah organik yang berada di 6 titik wilayah di Indonesia.

“Penyediaan pencacah plastik dan organic waste composter dilakukan pada tahun 2017 lalu di Kendari, Bali, dan Labuan Bajo. Tadi saya juga menerima pesan dari masyarakat Pulau Sapeken, Madura. Mereka meminta bantuan alat pencacah plastik,” tambah Brahmantya di Jakarta, Senin (13/08).

Menurut Brahmantya, dana yang dialokasikan untuk fasilitas fisik pengelolaan sampah plastik ini sebagai bentuk dukungan terhadap Rencana Aksi Nasional (RAN) terkait Rancangan Peraturan Presiden tentang Penanggulangan Sampah Plastik yang memiliki target sampah plastik berkurang hinggal 70 persen di tahun 2025. Komitmen untuk mengurangi sampah ini antara lain menjaga agar plastik yang ada di darat tidak masuk ke laut, melakukan daur ulang, dan mengubah pola pikir masyarakat untuk tidak memakai sampah plastik sama sekali.

Rencana Aksi Nasional (RAN) dari Rancangan Perpres ini rencananya akan dikeluarkan sebelum pelaksanaan Our Ocean Conference 2018 pada bulan Oktober mendatang. (Faizah Salsabila/AFN).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments