John Kerry Apresiasi Upaya Indonesia dalam Melindungi Laut

23

KKPNews, Bali – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) sekaligus inisiator Our Ocean Conference (OOC) 2018, John Kerry memuji Indonesia karena sangat fokus dalam melindungi dan melestarikan lautan dengan upaya bersama dalam memberantas illegal fishing, dalam memulihkan terumbu karang dan dalam menegakkan hukum internasional.

Dengan dukungan penuh dari Presiden, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tengah meningkatkan pertarungan melawan illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing di laut dan perairan lainnya di Indonesia. John Kerry juga memuji Menteri Susi yang dinilai sangat fokus dalam memulihkan lautan, terumbu karang, dan mangrove.

“Jelas Menteri Susi tidak (bisa) melakukan ini tanpa dukungan dan dorongan dari Presiden Anda (Indonesia),” ujarnya kepada wartawan usai bertemu Menteri Susi di sela-sela konferensi, Senin (29/10).

Kerry menambahkan, menurutnya Presiden Joko Widodo telah melakukan pekerjaan dan kepemimpinan yang luar biasa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang bekerja sebagai nelayan dan petani. “Indonesia mulai bekerja sama dengan nelayan, bekerja untuk menciptakan kawasan laut yang dilindungi,” lanjutnya.

“Pemerintah Indonesia sangat fokus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di negara ini. Butuh waktu, tetapi ada upaya untuk menumbuhkan ekonomi, bekerja dengan petani untuk menciptakan keberlanjutan, yang sebenarnya menciptakan lebih banyak pekerjaan dan menciptakan nilai tambah bagi produk,” imbuh Kerry.

Ketika ditanya tentang maraknya penangkapan ikan ilegal di seluruh dunia, katanya ada ribuan kapal penangkap ikan di lautan dan di laut lepas. Mereka memancing secara ilegal, menggunakan ilegal metode, reflagging dan menggunakan banyak bendera. “Mereka menghancurkan mata pencaharian semua orang,” cetusnya.

Menteri Susi menggambarkan Kerry sebagai pendukung besar Our Ocean Conference. Menteri Susi setuju dengan Kerry akan pentingnya penegakan hukum laut. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia pun terus meningkatkan upaya untuk melindungi samudra.

“Pemerintah tentu saja sangat berkomitmen untuk melestarikan lautan kita,” pungkas Susi. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments