Giliran Nelayan Tual dikunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan

51
Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja dalam lawatannya ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual, Kamis (22/3). Dok. Humas KKP/Joko Siswanto

KKPNews, Tual – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah gencar membangun perikanan tangkap di timur Indonesia, khususnya di Pulau Maluku dan Papua. Beberapa sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) berlokasi di wilayah tersebut seperti SKPT Saumlaki Maluku dan SKPT Merauke Papua.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja dalam lawatannya ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual, Maluku, Kamis (22/7) mengatakan, pembangunan SKPT Saumlaki dan SKPT Merauke terus dikembangkan dan digelontorkan anggaran hingga tahun ini.

Sedianya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hadir dalam lawatan kerja tersebut. Namun karena kendala cuaca perjalanan dari Papua ke Tual, agenda tersebut diurungkan. Hadir pula dalam kunjungan kerja tersebut Walikota Tual Adam Rahayaan, Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan KKP Agus Suherman, Direktur Pelabuhan Perikanan KKP Frits P. Lessnusa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Romelus Far-Far, dan Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual Silvinus M.C. Jaftoran.

“Kami akan terus bangun SKPT Merauke dan Saumlaki sampai bagus dan fasilitas yang dibutuhkan terpenuhi. Saya akan memonitor perkembangannya sehingga pemanfaatannya makin optimal untuk menggerakkan perikanan di Maluku dan Papua,” ujar Sjarief.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Agus Suherman, mengatakan akan terus membantu nelayan Maluku dalam meningkatkan pendapatan mereka. Maluku merupakan lokasi yang strategis untuk menangkap ikan karena jumlahnya yang melimpah, sehingga nelayan Maluku tidak perlu bersusah payah untuk panen ikan.

“Wilayahnya yang dikelilingi lautan dan kekayaan alamnya yang berlimpah, pastinya nelayan Maluku sudah teruji fisiknya dalam melaut. Apalagi ditambah bantuan dari KKP pasti jadi tambah giat dan semangat melaut. Pesan Saya pergunakan bantuan KKP dengan baik, supaya hasilnya dapat nilai jual yang tinggi,” urai Frits. (Humas DJPT)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments