Dorong Pelayanan Jasa Inspeksi, SKIPM Bima Targetkan Raih ISO 17020

17
Ilustrasi

KKPNews, Jakarta – Peningkatan pelayanan jasa inspeksi untuk mengembangkan sistem manajemen mutu tentunya sangat dibutuhkan bagi instansi maupun lembaga pemerintahan. Terutama sistem manajemen mutu yang mengacu pada standar ISO/IEC 17020:2012.

Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Bima merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Salah satu tugas dan fungsinya adalah melakukan kegiatan inspeksi dalam rangka kegiatan Sertifikasi Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB), Analisi Bahaya dan Pengendalian TItik Kritis (Hazard Analysis and Critical Control Points / HACCP), dan Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB).

“Untuk mendapatkan pengakuan terkait dengan kompetensi memberikan jasa inspeksi yang dilakukan secara independen, kompeten, akurat, tertelusur, sehingga jasa inspeksi yang diberikan memberikan jaminan akan mutu hasil pekerjaan yang dilakukan maka SKIPM Bima berkomitmen untuk menerapkan ISO/IEC 17020:2012,” ungkap Kepala SKIPM Bima, Ridwan.

Ridwan menambahkan, selain guna mengembangkan sistem manajemen mutu, penerapan ISO/IEC 17020:2012 Ini sesuai dengan Sistem Manajemen Lembaga Inspeksi berstandar internasional sesuai dengan SNI.

“Setelah penerbitan dokumen mutu dan dokumen pendukung lainnya, akan dilanjutkan dengan pendaftaran ke Komite Akreditasi Nasional dan ditargetkan sertifikat ISO 17020:2012 ini diperoleh pada tahun ini,” jelasnya.

Ketua TIm Penyusun Dokumen Mutu ISO 17020:2012, Gunara memaparkan dokumen mutu sistem manajemen lembaga inspeksi ISO 17020:2012 telah disusun beserta kelengkapannya dan telah disahkan oleh Kepala SKIPM Bima.

“Setelah disahkan, dokumen tersebut segera diterapkan dalam setiap kegiatan inspeksi oleh para inspektur SKIPM Bima sampai dengan nantinya dilakukan kegiatan asessment oleh asesor Komite Akreditasi Nasional,” jelas Gunara. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments