Dorong Konsumsi Ikan, KKP Serahkan Bantuan Ikan Segar dan Resmikan Sentra Kuliner Ikan di Jombang

64
Menteri Kelautan dan Perikanan Susui Pudjiastuti saat meresmikan sentra kuliner ikan Jombang, Senin (30/7). Dok. Humas KKP/Joko Siswanto

KKPNews, Jombang – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya menggalakan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat. Setelah sebelumnya, Minggu (29/7) melakukan kampanye Gemarikan di sela kegiatan Car Free Day (CFD) Jakarta, kini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama rombongan KKP menyambangi pondok pesantren (PP) Tebuireng, di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya pada Senin (30/7) tersebut, KKP menyerahkan bantuan simbolis berupa 5 ton ikan tuna segar. Tak hanya untuk PP Tebuireng, ikan tersebut akan disalurkan ke sejumlah pesantren dan panti asuhan di sekitarnya.

Guna menyediakan sumber makanan berbahan ikan yang sehat bagi masyarakat, dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi juga meresmikan Sentra Kuliner Ikan Jombang di Kompleks PP Tebuireng. Sentra kuliner ikan ini menjual berbagai aneka kuliner berbahan olahan ikan seperti bandeng presto, otak-otak, bakso ikan, peyek, kerupuk, dan sebagainya.

“Meresmikan sentra kuliner ikan yang kita perbantukan. Kan dulu kita bantu bioflok, untuk supaya ada ikan lele di pesantren. Yang kedua kita bantu sentra kuliner untuk jualan makanan produk – produk perikanannya,” tutur Menteri Susi.

KKP juga berencana membantu geliat perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sentra kuliner ikan tersebut. “Nanti seterusnya kita bantu UKM-UKM-nya dengan BLU, supaya bisa memperbesar permodalan dan omset mereka,” lanjut Menteri Susi.

Menteri Susi berpendapat, mengonsumsi ikan sangat sehat bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, kebutuhan ini menurutnya harus dapat dimanfaatkan masyarakat melalui usaha kreatif guna mendorong ekonomi masyarakat setempat.

Ia berharap, sentra kuliner ikan ini dapat memberikan manfaat bagi PP Tebuireng dan masyarakat sekitar. “Semoga dengan peresmian ini, bisa memicu usaha kreatif masyarakat sekitar dan terutama untuk kemajuan Tebuireng. Kalau usaha kreatif jalan, semoga ekonomi masyarakat juga terdongkrak,” ungkap dia.

Sementara itu, Pengasuh PP Tebuireng KH Salahuddin Wahid yang akrab disapa Gus Solah menyambut baik bantuan yang diberikan KKP Ini. Menurutnya, sentra kuliner ini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh makanan berbahan ikan.

“Ini dikelola Tebuireng untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan tempat makan yang baik. Dan juga bisa melayani pemesanan catering buat Tebuireng, bagus itu,” kata Gus Solah yang didampingi istrinya Nyai Hj. Farida. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments