Daftar Penerima Bantuan Kapal Perikanan Tahun 2017

551

KKPNews, Jakarta – Dampak pemberantasan kegiatan illegal, unreported, and unregulated fishing (IUUF) telah membawa angin segar menuju kejayaan laut Indonesia. Kerja sama pemerintah dan berbagai pihak dalam memberantas praktek IUUF membuahkan hasil yang luar biasa. Stok ikan di WPP (wilayah pengelolaan perikanan) Indonesia terus meningkat.

Jika pada tahun 2013 potensi sumber daya ikan kita tercatat sebesar 7,31 juta ton, tahun 2015 meningkat menjadi 9,93 juta ton. Bahkan pada tahun 2017, hasil riset KKP yang telah direkomendasi Komisi Nasional Pengkajian Sumberdaya Ikan (KOMNAS KAJISKAN) menyebutkan adanya peningkatan stok ikan nasional menjadi 12,541 juta ton per tahun.

Potensi tersebut, seharusnya dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh nelayan Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) menggelontorkan bantuan kapal perikanan untuk membantu nelayan.

Pengadaan kapal perikanan pada tahun 2017 sebanyak 755 unit. Dari jumlah kapal yang dibangun tersebut, diketahui jumlah kapal berukuran di bawah 5 gross tonnage (GT) sebanyak 220 unit, kapal 5 sebanyak GT 381 unit, kapal 10 GT sebanyak 133 unit, kapal 20 GT sebanyak 15 unit, dan kapal 30 GT sebanyak 6 unit.

“Bantuan kapal perikanan ini bertujuan untuk memberikan peluang yang semakin besar kepada nelayan lokal agar bisa melaut. Stok sumber daya ikan yang kian melimpah harus dimanfaatkan dengan optimal dan berkelanjutan. Selain itu juga untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk perikanan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, terang Sjarief di Jakarta (15/12).

Ditambahkan oleh Sjarief, pengadaan kapal perikanan pada tahun 2017 juga melibatkan nelayan calon penerima kapal bantuan. Sebelum lelang dilaksanakan, nelayan turut serta bersama tim Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, DJPT melakukan uji coba kapal bantuan (sea trial). Pun pada saat kapal dibangun, nelayan diberikan kesempatan untuk melihat proses pembangunan di galangan. Tujuannya agar bantuan kapal betul-betul sesuai dengan kebutuhan nelayan. (Humas DJPT)

Berikut daftar penerima bantuan kapal perikanan tahun 2017:

Daftar Penerima Bantuan Kapal Perikanan Tahun 2017

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (66.7%)
  • Marah (33.3%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Sedih (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)

Comments

comments