Awali Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018, BBKIPM Makassar Sosialisasi di PPI Paotere

63
Dok. Onesulsel

KKPNews, Makassar – Dalam rangka mengawali rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan Tahun 2018, Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BBKIPM) Makassar bersama masyarakat setempat melakukan dan pembersihan lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin (2/4). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan masyarakat untuk menangani hasil perikanan dengan baik di area yang terjaga sanitasi dan higienitasnya.

Sebagaimana diketahui, Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018 dilaksanakan serentak di Pusat BKIPM dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KIPM seluruh Indonesia, mulai awal April hingga awal Mei 2018 mendatang. Tahun ini pelaksanaannya mengusung tema “Melalui GEMASATUKATA (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina), Kita Wujudkan Penyediaan Pangan Sehat untuk Peningkatan Gizi Masyarakat”.

Selesai pembersihan TPI, dilakukan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kepala BBKIPM Makassar Sitti Chadidjah dan turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan, Pertanian, dan Peternakan Kota Makassar Abd. Rahman Bando beserta jajaranyya dan Kepala Kepala UPTD PPI Paotere Abbas Rani.

Kegiatan apel pagi tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan pengawasan terpadu untuk monitoring kesegaran ikan, residu dan bahan berbahaya, serta pengawasan mutu dan keamanan hasil perikanan domestik sebagai bentuk penerapan Inpres No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. BBKIPM Makassar juga menyosialisasikan penanganan ikan yang baik sejak di kapal hingga proses pendistribusian.

“Salah satu bagian dari mutu ikan itu yakni memastikan tempat pendaratan ikan selalu bersih,”  ujar Chadidjah.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diturunkan tim pengawasan untuk memantau hasil tangkapan yang diperoleh dengan menggunakan metode tidak ramah lingkungan (destructive fishing). Masyarakat diajak untuk mengenali ciri-ciri ikan yang ditangkap dengan metode destructive fishing dengan penyelenggaraan demo cara pengujian secara langsung. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments