8 Lokasi Menyelam Terbaik di Indonesia

2534

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lebih dari 5 juta meter persegi air. Tidak mengherankan jika ribuan spesies bawah laut menghuni lautan Indonesia. Dengan kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa, Indonesia telah terkenal ke seluruh penjuru dunia dengan kekayaan baharinya. Lautan merupakan obyek wisata yang tidak pernah habis untuk digali keindahannya, terutama bagi para penyelam (diver). Berikut ini adalah tempat-tempat terindah di Indonesia yang layak untuk dikunjungi bagi kamu yang memiliki hobi menyelam (diving).

 

1. Pulau Bintan, Riau

 

p99_Bintan-edit_mini

Kepulauan Bintan adalah salah satu daerah tujuan wisata di Pulau Sumatera. Terletak di provinsi Riau, kepulauan Bintan memiliki daya tarik wisata berupa ketenangan dan keindahan panorama pantai pasir putih dengan perairan laut yang jernih serta keanekaragaman kehidupan bawah laut yang menawan. Selain itu, kekayaan sumberdaya hayati pesisir dan pulau-pulau kecil di kabupaten Bintan menjadi daya tarik wisata bahari. Di kawasan ini dapat dijumpai hutan mangrove, lamun, terumbu karang dan daerah penangkaran penyu.

 

2. Bunaken, Sulawesi Utara

 

bunakentrip1

Terletak di Manado, Sulawesi Utara, Bunaken adalah kawasan taman laut nasional karena memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia dan terletak di segitiga terumbu karang. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terletak underwater great wall atau dinding karang raksasa. Dinding karang inilah yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang hidup di perairan sekitar pulau bunaken. Taman laut Bunaken juga pernah mencatatkan rekor baru dalam kategori penyelam terbanyak (2861 penyelam) yang dinamakan “Sail Bunaken” dan mendapat pujian dari para penyelam dari seluruh dunia.

 

3. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

 

derawan-1

Nama Pulau Derawan mungkin masih banyak yang belum mendengarnya, namun di bagi kalangan diver kawasan ini merupakan salah satu alternatif tempat menyelam yang indah. Kepulauan Derawan terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan inilah terdapat sejumlah obyek wisata bahari yang mengagumkan, salah satunya adalah Taman Bawah Laut yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Di kawasan inilah terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting, yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak terdapat spesies dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, keram kelapa, dutung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

 

4. Karimun Jawa, Jawa Tengah

 

berlibur-ke-taman-bawah-laut-pulau-karimun-jawa-2

Karimunjawa adalah salah satu lokasi wisata bahari paling indah di pulau Jawa. Terletak dalam wilayah Kabupaten Jepara, kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, dan hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk. Di tempat ini terdapat 30 lokasi menyelam dengan terumbu karang yang indah dan biota laut seperti ikan damsel, ikan napoleon, berbagai jenis kima dengan kedalaman 5 hingga 40 meter. Kepulauan Karimunjawa telah menjadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi mulai dari homestay hingga resort mewah.

 

 5. Pulau Komodo, Flores

 

komodoisland

Pulau Komodo mulai ramai dibicarakan semenjak masuk sebagai finalis New Seven Wonders of Nature. Kawasan ini terkenal dengan habitat asli spesies hewan komodo yang terkenal di dunia dan juga ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional. Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara dan memiliki lokasi diving paling indah di Indonesia. Bahkan pulau ini memiliki julukan“Paradise Underwater” oleh para diver yang pernah berkunjung ke tempat ini. Disinilah terdapat pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna mempesona serta keanekaragaman hayati yang membuat Pulau Komodo sebagi bagian dari legenda yang tetap harus dijaga.

 

 6. Nusa Penida, Bali

 

pulau-nusa-penida

Nusa Penida terletak di sebelah selatan tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau indah ini juga terdapat pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Di kawasan perairan pulau Nusa Penida terkenal akan kawasan selamnya diantaranya adalah Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point. Selain itu, Nusa Penida merupakan “museum” rumput laut langka di dunia. Rumput laut jenis spinosum, merupakan spesies tumbuhan perairan langka, yang di Indonesia hanya terdapat di kawasan pantai Nusa Penida.

 

 7. Raja Ampat, Papua

 

raja-ampat-6

Jika kita mendengar nama Raja Ampat, bayangan kita pastinya adalah sebuah tempat dengan keindahan yang mengagumkan. Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat dan merupakan salah satu lokasi menyelam terindah di Indonesia dengan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Terdapat 1.500 jenis spesies ikan, 700 jenis moluska, 500 jenis karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar. Bahkan menurut The Nature Conservancy and Conservation International, terdapat 75% spesies dunia menghuni pulau ini.

 

 8. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

 

Wakatobi-Dive-Resort_photo-by-Didi-LotzeSalah satu keindahan bahari yang terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi merupakan lokasi yang wajib dikunjingi para pecinta diving. Selain terkenal dengan wisata lautnya terindah di Indonesia, Wakatobi juga merupakan kawasan taman nasional yang dilindungi. Di tempat ini terdapat 750 spesies koral dan biota laut dari 850 spesies yang ada di dunia. Nama Wakatobi merupakan singkatan dari empat pulau besar, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tornia dan Binongko.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (66.7%)
  • Terinspirasi (33.3%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments