2018, Sumbar Targetkan Produksi Ikan 212 Ribu Ton Lebih

25
Ilustrasi - Antara/Aditya Pradana Putra

KKPNews, Padang – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (Sumbar) Yosmeri menyebutkan, produksi perikanan tangkap di perairan Sumbar ditargetkan akan meningkat di tahun 2018. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang menyebutkan Sumbar memiliki potensi produksi ikan yang cukup besar karena daerah ini berbatsan langsung dengan Samudera Hindia.

Target yang ditetapkan di tahun ini mencapai 212.145 ton, meningkat dari tahun lalu yang hanya 209.629 ton. Guna mencapai target penambahan produksi ikan ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penyuluhan dan bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan bagi nelayan sekitar. Selama ini, nelayan Sumbar menggunakan metode penangkapan dan alat tangkap ikan konvensional.

Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sudah memberikan bantuan secara bertahap kepada kelompok nelayan, berupa mesin tempel, alat tangkap, dan alat pelacak keberadaan ikan untuk meningkatkan produksi ikan daerah itu.

“Makanya bantuan dari pemerintah memang perlu. Salah satunya bantuan dalam bentuk converter kit agar nelayan lebih hemat bahan bakar,” ungkap Yosmeri, Rabu (31/01).

Adapun Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit  menyebutkan, potensi perikanan Sumbar perlu dikelola dengan baik, salah satunya dengan mengajak swasta untuk ambil bagian. Keterlibatan swasta diperlukan baik dalam investasi pengelolaan perikanan maupun infrastruktur pelabuhan perikanan.

Selain itu, Nasrul juga menilai, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  juga  perlu dilibatkan dalam proses produksi ikan, baik dalam investasi pengelolaan perikanan maupun infrastruktur pelabuhan perikanan.

Sebelumnya, KKP bersama BUMN sudah menyepakati kerja sama  untuk mengolah produksi ikan. BUMN yang ditunjuk salah satunya adalah Perum Perindo. Di harapkan atas kolaborasi ini, nantinya Sumatera Barat dapat menjadi salah satu daerah penghasil ikan terbesar dan terbaik di Indonesia. (Dhiwa Lanthika Gamandaru/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments